Penyuluhan Sadar Budaya

gunung sangiangSungguh merupakan anugrah dari Allah SWT bahwa Kabupaten Bima yang kita cintai ini dikaruniai dengan kekayaan dan keanekaragaman sumber daya  alam dan budaya : kekayaan ini adalah potensi untuk membuka peluang bagi pemerintah khususnya Kabupaten Bima untuk dapat mensejahterakan rakyatnya.

Pariwisata sudah terbukti telah mengangkat kehidupan masyarakat, dimana sektor ini mampu menggerakan roda perekonomian disegala lapisan masyarakat  dan berdampak langsung bagi kesejahteraan masyarakat.

Namun perlu disadari bahwa upaya pengembangan  pariwisata yang dilaksanakan oleh pemerintah sangat membutuhkan dukungan penuh dan partisipasi aktif dari masyarakat.

Oleh karena itu salah satu upaya membangun dukungan dan partisipasi masyarakat dimaksud, secara sistematis dan terus-menerus berupaya menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya dukungan semua pihak terhadap pengembangan sektor kepariwisataan ini.

Sadar Budaya atau Sadar Wisata dapat didefinisikan sebagai sebuah konsep yang menggambarkan partisipasi dan dukungan segenap komponen masyarakat dalam mendorong terwujudnya iklim yang kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya budaya lokal serta kegiatan kepariwisataan disuatu wilayah dan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Dalam konteks pengertian tersebut, maka dapat dijabarkan :

Pertama, Gerakan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat agar siap untuk berperan sebagai tuan rumah (host) yang memahami serta mampu dan bersedia untuk mewujudkan SAPTA PESONA dilingkungan yang meliputi unsur-unsur : aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah dan kenangan.

Kedua, gerakan untuk menumbuhkan keinginan dan kemampuan bagi masyarakat. Untuk bepergian, mengenali dan mencintai tanah airnya sebagi wisatawan (tourist).

Untuk itu, Pemerintah Daerah melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bima pada hari Sabtu tanggal 30 Juli 2011, melakukan kegiatan Penyuluhan Sadar Budaya di Desa Sangiang, Kecamatan Ambalawi, Kabupaten Bima, dengan tujuan sebagai berikut :

  1. Memberikan pemahaman mengenai konsep sadar budaya dan sapta pesona sebagai unsur  penting dalam  pengembangan  kepariwisataan ditingkat nasional pada umumnya dan didaerah  khususnya  yang akan bermuara  pada peningkatan kesejahteraan  rakyat.
  2. Memberikan  acuan bagi segenap pihak  pemangku  kepentingan dalam pengembangan kepariwisataan  mengenai pelaksanaan sadar budaya dan sapta pesona kedalam  langkah-langkah kebijakan dan program-program yang nyata dan dapat diterapkan.
  3. Mendorong peran aktif segenap komponen  masyarakat dalam  mendukung upaya terwujudnya sadar budaya dan sapta pesona.

Harapannya semoga kegiatan ini akan memberi pengetahuan dan pengalaman baru bagi masyarakat pada umumnya dan khususnya bagi masyarakat Desa Sangiang.

Di Posting Oleh Admin: Khusnul Hatimah (staf Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Bima)
Sumber : Disbudpar Kabupaten Bima

One response to “Penyuluhan Sadar Budaya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s