Kegiatan LASQI Tahun 2012

Pemerintah Kabupaten Bima melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bima melaksanakan event budaya, bekerja sama dengan Lembaga Seni Qasidah Indonesia atau disingkat LASQI Kabupaten Bima tepatnya pada hari Selasa tanggal 17 April tahun 2012 di Bekas Istana Kesultanan Bima atau sekarang sudah dijadikan sebagai Museum Daerah atau lebih dikenal dengan nama Museum Asi Mbojo. Kegiatan ini telah dilaksanakan selama 2 (dua) tahun setelah Pemerintah Kabupaten Bima membentuk Pengurus LASQI Kabupaten Bima secara resmi.

Terdapat 2 (dua) jenis mata lomba yang dipertandingkan pada event kali ini yaitu Lomba Qasidah Rebana Klasik dan Lomba Bintang vokalis. Untuk mata Lomba Qasidah Rebana Klasik terdapat 2 (dua) kategori yaitu kategori Remaja dan Kategori Dewasa, sedangkan untuk mata Lomba Bintang Vokalis terdapat 3 (tiga) kategori yaitu kategori Anak, Kategori Remaja, dan Kategori Dewasa. Dari setiap kategori ini ditetapkan masing-masing juara I, juara II, dan juara III sesuai dengan keputusan dewan juri.

Pada tahun ini, hampir semua kecamatan yang ada di Kabupaten Bima mengutus dan mendaftar sebagai peserta yang akan mewakili setiap kecamatan tersebut. Ini membuktikan antusias masyarakat pada seni baik seni klasik maupun moderen. Tak bisa dipungkiri bahwa, Bima mempunyai segudang seniman – seniman yang tak hanya dikenal secara lokal akan tetapi juga terdapat seniman yang telah berkiprah secara global atau internasional.

Secara umum menurut saya penampilan para peserta sangat bagus, baik dari segi vokal maupun penampilan, akan tetapi sesuai keputusan juri yang paling terbaiklah yang akan dipilih dan dinobatkan sebagai juara. Hasil keputusan dewan juri untuk peserta yang dinobatkan sebagai pemenang pun sangat tepat dan sesuai dengan perfomance masing- masing peserta. Hal ini membuktikan bahwa sistem penjurian sangat JURDIL (Jujur dan Adil).

Kemudian, pada tanggal 9 – 10 Bulan Mei Tahun 2012, Pemerintah Kabupaten Bima juga akan mengirim peserta untuk mengikuti kegiatan Festival Qasidah Rebana dan Pemilihan Penyanyi Gambus tingkat Propinsi Nusa Tenggara Barat di Taman Budaya Mataram.

Harapannya semoga peserta lomba dari Kabupaten Bima bisa mewakili “Dana Mbojo” di ajang perlombaan ini sampai ke tingkat nasional.

Sukses!!

sumber : Khusnul Hatimah (staf Disbudpar Kabupaten Bima)

3 responses to “Kegiatan LASQI Tahun 2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s