Festival Keraton Nusantara 2012

Perhelatan Akbar, Festival Keraton Nusantara (FKN) VIII tahun 2012 telah dilaksanakan dengan sangat meriah. Pelaksanaan ini melibatkan 90 Kerajaan dan Kesultanan, dari 150 Kerajaan dan Kesultanan yang diundang se Nusantara.

Festival Keraton Nusantara (FKN) tahun 2012 diselenggarakan di Kesultanan Buton, Sulawesi Tenggara, Tanggal 1 – 4 September dengan bertemakan Nusantara Pusaka Dunia, dan perhelatan ini diawali Kirab Agung dari dari seluruh peserta Kesultanan dan Kerajaan se-Nusantara.

Kabupaten Bima sebagai bekas kerajaan dan kesultanan menjadi salah satu peserta dalam acara tersebut. Kontingen Kesultanan Bima berjumlah 22 orang, yang terdiri dari penari dan penabuh, dan didampingi oleh 9 orang dari istana Kesultanan Bima, serta 5 orang pendamping dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bima. Kontingen menuju Bau-bau melalui jalan Laut dan Udara, yang menggunakan transportasi laut (KM Wilis) berangkat tanggal 24 Agustus 2012 dan tiba di Bau-bua tanggal 30 Agustus 2012.

Perjalanan ini sungguh melelahkan, akan tetapi setibanya di Bau-bau kontingen mendapat sambutan yang luar biasa dari segenap masyarakat Bau-bau yang begitu antusias melihat dan menyaksikan acara secara langsung. ini merupakan sebuah pengalaman yang menyenangkan.

Program Acara yang diikuti begitu padat, tetapi semangat yang menggebu untuk menampilkan persembahan yang terbaik mengalahkan segala rasa lelah itu. setelah Kirab Agung persembahan dari seluruh kontingen, kemudian melanjutkan acara pameran benda-benda pusaka kesultanan dan benda-benda peninggalan sejarah, pementasan kesenian tradisional khas keraton, rapat para petinggi kesultanan, dan tidak ketinggalan acara kuliner khas keraton yang tradisional. Acara-acara ini dipandu dan dipadu secara apik oleh Panitia.

Hasil keputusan rapat menetapkan beberapa poin, antara lain : Perhelatan Festival Keraton Nusantara akan dilaksanakan setiap tahun mulai tahun depan, karena sebelumnya FKN dilaksanakan 2 (dua) tahun sekali, Tahun 2013 FKN IX dilaksanakan di Kabupaten Deli Serdang, Propinsi Sumatera Utara, dan Tahun 2014 Festival Keraton X akan dilaksanakan di Kabupaten Bima Propinsi Nusa Tenggara Barat.

Akhirnya, Tanggal 11 September 2012, Kontingen dari Kesultanan Bima kembali ke Bima dengan sejuta kenangan dan rasa senang akan bertemu kembali keluarga yang ditinggal.

Harapannya semoga Tahun 2014 Kesultanan Bima dapat melaksanakan acara ini dengan penuh tanggungjawab sehingga para peserta dan masyarakat dapat menjadi bagian dari acara tersebut dan pulang membawa Kenangan yang menyenangkan.

sumber Tulisan: imey patimeh (staf disbudpar Kabupaten Bima)

sumber foto : dari berbagai sumber

3 responses to “Festival Keraton Nusantara 2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s